Beranda | Artikel
Bab Meminta Hujan kepada Bintang - Bagian ke-1 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)
Jumat, 9 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Pembahasan Kitab Al-Qaulul Mufid di Rekaman Ini

Bab Meminta Hujan kepada Bintang (ما جاء في الاستسقاء بالأنواء
) – Bagian ke-1

Meminta hujan kepada bintang ada 2 jenis. Jenis pertama termasuk syirik besar. Ada 2 bentuk yang termasuk syirik besar. Pertama, berdoa secara langsung kepada bintang dengan mengatakan, “Wahai bintang anu dan bintang anu, beri kami hujan, beri kami rizqi, beri kami ini, ini, dan ini …,” maka ini adalah syirik besar, karena berdoa kepada selain Allah. Sedangkan berdoa kepada selain Allah adalah sebuah pekerjaan yang nyata-nyata terlarang. Allah berfirman dalam Al-Qur’an, Surat Al-Mukminun, ayat ke-117:

وَمَن يَدْعُ مَعَ اللَّهِ إِلَهاً آخَرَ لَا بُرْهَانَ لَهُ بِهِ فَإِنَّمَا حِسَابُهُ عِندَ رَبِّهِ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الْكَافِرُونَ (المؤمنون: ١١٧)

“Dan barangsiapa menyembah Tuhan yang lain di samping Allah, padahal tidak ada suatu dalil pun baginya tentang itu, maka sesungguhnya perhitungannya di sisi Tuhannya. Sesungguhnya orang-orang yang kafir itu tiada beruntung.” (QS Al-Mukminun [23]: 117)

Dalam Surat Yunus, ayat ke-106, Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:

وَلاَ تَدْعُ مِن دُونِ اللّهِ مَا لاَ يَنفَعُكَ وَلاَ يَضُرُّكَ فَإِن فَعَلْتَ فَإِنَّكَ إِذاً مِّنَ الظَّالِمِينَ (يونس: ١٠٦)

Lalu bagaimana bentuk syirik besar lain dari meminta hujan kepada bintang? Dan bagaimana pula meminta hujan kepada bintang yang tergolong kepada syirik kecil? Mari kita simak dan download ceramah agama Islam yang sangat bermanfaat ini yang diangkat dari kitab aqidah Al-Qaulul Mufid ‘ala Kitabit Tauhid, karya ulama kenamaan, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin rahimahullah.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid: Bab Meminta Hujan kepada Bintang (Bagian ke-1)

Ayo kita download, kemudian beramal dengan turut men-share juga ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat, Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6603-bab-meminta-hujan-kepada-bintang-bagian-ke-1-kitab-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-sundawy/